Tanya Jawab Pasien Jantung

Tanya Jawab SEMINAR Jantung Sehat RSUP Dr. Kariadi

Tanya Jawab Pasien Jantung
Tanya Jawab Pasien Jantung 


1.
Tanya
Bpk. Sukamto. Cepiring Kendal
: 1. Apa gejala spesifik dari penyakit jantung ?
  2. Bagaimana cara mengantisipasi serangan jantung mendadak?
  3. Bagaimana cara menjaga jantung agar tetap sehat ?
Jawab
Dr. Sungkar
: 1. Ada gejala kunci yang harus diwaspadai yaitu nyeri dada, 
       sesak nafas dan pingsan.
   2. Jika ada serangan jantung harus segera dibawa ke rumah
       sakit semakin cepat tindakan yang dilakukan semakin besar
       pula kesempatan untuk tertolong.
   3. melakukan gaya hidup sehat, dengan tidak menjadi orang
       tipe "A" yang selalu terburu-buru dan cenderung tidak sabar.
       Berusahalah sabar dan santai dalam menghadapi sesuatu.
       Hindari rokok, kopi dan makanan berlemak lainnya.
2.
Tanya
Ibu Sri Handini
Wonosari
Semarang
-Saya sering mengalami nyeri di dada sebelah kiri, dan akibat nyeri dada ini saya pernah pingsan, untuk mengatasi rasa nyeri ini saya kerokan dan bisa merasa lebih baik, apakah nyeri ini merupakan gejala penyakit jantung?
Jawab
Dr. Sungkar
-Untuk memastikan apakah benar gejala tersebut merupakan gejala penyakit jantung,  perlu dilakukan pemeriksaan jantung dan tes kebugaran, misalnya eco dan treadmill. karena faktor nyeri bisa disebabkan banyak hal.
3.
Tanya
Sumiati
-Saya adalah pasien jantung RSUP Dr. Kariadi, selama ini saya rutin kontrol, menurut informasi penderita jantung harus meminum obat terus, kapan saya boleh berhenti mengkonsumsi obat-obatan tersebut?
-Anak saya remaja berusia 25 th, sudah cek Mvp apakah perlu tindakan lebih lanjut?
Jawab
Dr. Sungkar
-Pembuluh darah yang mengalami kerusakan dan penyempitan apabila belum diapasang pipa atau operasi  harus tetap didukung obat agar tetap dapat bekerja dengan baik, dengan harapan mengikis lapisan yang mengendap di pembuluh darah tersebut.
-berusahalah untuk berolahraga secara rutin, dan makanan harus dijaga, konsumsilah makanan yang sehat dengan menghindari lemak, makanan berminyak dan tidak merokok.
4
Tanya
Laras
-Bagaimana kondisi kesehatan kita apabila sering berada diatara perokok atau sering disebut sebagai perokok pasif?
-Bagaimana mengecek kondisi janin atau jantung janin untuk memastikan kesehatannya, karena selama ini pemeriksaan hanya lewat USG dan EKG
Jawab
Dr. A. Priyatno
-70% asap rokok yang masuk ke paru-paru akan tetap tertinggal. jadi apabila sering menjadi perokok pasif, risikonya juga besar. Oleh karena itu hindari sebisa mungkin lingkungan yang tidak mendukung kesehatan jantung kita.
-sekarang ada EKG khusus janin, untuk itu kita dapat mengetahui kesehatan jantung janin dengan alat tersebut

5
Tanya
Sufaati
Pati
-Saya mempunyai penyakit jantung tetapi juga mengalami pengapuran pada lutu saya, Langkah apa yang harus dilakukan untuk mengurangi pengapuran tersebut dengan kondisi kesehatan jantung saya tersebut?
-Olah raga apa yang sesuai dengan kondisi tersebut?
Jawab
Dr. A. Priyatno
-harus diperiksa terlebih dahulu apakah ada kelainan struktur pada tulang yang mengalami pengapuran, sehingga penanganannya juga tepat.
-yang perlu diperhatikan adalah apakah pola makan selama ini sudah benar dan diperhatikan dengan baik?
Sekarang ini banyak sekali jenis olahraga yang bisa di pilih untuk penderita seperti ibu,  misalnya senam jantung.
6
Tanya
Vivi
Ayah saya terkena stroke sudah 4 bulan dan tidak ada pergerakan di bagian tubuh sebelah kiri. Apakah hal tersebut terjadi akibat  ayah saya mempunyai  penyakit jantung?
Jawab
Dr. Sungkar
Stroke terjadi karena ketidakmampuan jantung memompa darah ke daerah tubuh yang mengalami stroke. Jadi kemampuan jantung dalam memompa darah pada ayah mbak vivi tesebut telah menurun. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya kita beri obat pengencer darah agar tidak terjadi penggumpalan darah yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
7
Tanya
Harwan
Mranggen, Demak
Saya penderita penyakit jantung,selama ini sudah memakai ring dan selama ini tetap berusaha hidup sehat dan tidak merokok apakah masih bisa tersumbat lagi?
Jawab
Dr. Sungkar
Saya tidak tahu persis apa yang sudah dilakukan bapak selama ini, tetapi untuk memastikan kesehatan jantung bisa dilakukan tes manual, misalnya apakah kita masih mampu berjalan sejauh satu kilometer tanpa bersusah payah, dll. namun yang perlu diperhatikan adalah menghindari stres. Karena faktor stres inilah yang sering membuat para penderita jantung kambuh.
8
Tanya
Tidak menyebutkan Nama
-Anak saya cewek berumur 17 th mempunyai berat badan antara 70-75 Kg, dengan tinggi badan 169, dengan aktivitas yang banyak duduk atau kurang sekali aktivitas gerak, apakah berat badan anak saya masih bisa bertambah?
-Bagaimana cara menghentikan berat badan tersebut agar tidak naik lagi?
Jawab
Dr. Mexitalia
Seorang anak dengan umur 17 tahun tingginya sudah mulai mencapai titik tertingginya. biasanya penambahannya hanya sedikit. mengingat usia anak ibu sudah dewasa, perlu adanya kesadaran dari dalam diri anak itu sendiri untuk melakukan diet, atau usaha untuk menurunkan badan, misalnya saja berusaha untuk menghentikan kebiasaan ngemil.
9
Tanya
Subekti
Wonosari
Umur saya 45 th, degan riwayat orangtua punya penyakit jantung. Keluhan saya selama ini adalah seperti tercekik, apalagi kalau berjalan agak menanjak, rasanya nafas tidak sampai keparu-paru hanya berhenti di tenggorokan. saya meminta penjelasan dengan keadaan kesehatan saya ini.
Jawab
Dr. Sungkar
Terjadinya perubahan-perubahan pembuluh darah memerlukan waktu, yang tadinya ringan dan biasa lama kelamaan keluhannya akan bertambah dengan intensitas semakin sering.
Oleh karena itu, penting sekali mengetahui adanya kasus hipertensi atau keluhan lain yang kita alami, agar kita cepat tertolong dan terhindar dari penyakit jantung.

0 comments:

Post a Comment