Cara Mujarab Mencegah Penyakit Timur Tengah

Bagi anda yang habis naik haji atau sekedar traveling ke timur tengah, maka anda harus waspada terhadap penyakit timur tengah yang bisa menyerang orang indonesia.
Pencegahan  MERS-CoV
 MERS-CoV ditemukan pertama kali di Arab Saudi

Penyakit itu sering disebut MERS-CoV

MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus) merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh korona virus yang menyerang saluran pernafasan pertama kali ditemukan di daerahTimur Tengah sehingga disebut Middle East Respiratory Syndrome (penyakit sindrom pernafasan yang berasal dari negara Timur Tengah).

Penderita MERS-CoV ditemukan pertama kali di Arab Saudi pada bulan September 2012 dan sampai saat ini telah terjadi 77 kasus, 40 diantaranya meninggal dunia (data WHO,26 juni 2013).Sebagian besar kasus (62 kasus) ditemukan di Arab Saudi, 3 kasus di Italia, 3 kasus di Inggris Raya, 2 kasus di Perancis, 2 kasus di Yordania, 2 kasus di Qatar, 2 kasus di Tunisia, 1 kasus di Uni Emirat Arab.

Penularan Penyakit Timur Tengah
Penyakit ini bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitaMERS-CoV, melaluidroplet/percikan cairan batuk/bersin, paparan lingkungan yang terkontaminasi, serta  menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang terpapar MERS-CoV.

MERS-CoV tidak sama dengan virus penyebab penyakit sindrom pernafasan akut berat (SARS), tetapi mirip dengan virus korona yang terdapat pada kelelawar. Melihatjumlahkorbanhinggasaatini, virus tersebuttergolongvirus yang mematikan.

FAKTA TENTANG PENYAKIT MERS-CoV

  • Semua kasus penderita MERS-CoV memiliki riwayat perjalanan atau hubungan ke negara Timur Tengah baik langsung maupun tidak langsung. Wisatawan yang berkunjung ke Timur Tengah telah membawa infeksi ke negara lain.
  • Sampai saat ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum mengeluarkan peringatan kesehatan/ larangan perjalanan ke setiap negara yang terjangkit MERS-CoV.
  • Sejauh ini belum ada vaksin dan pengobatan yang spesifik terhadap MERS-CoV.


Gejala Penyakit Timur Tengah

Secara Umum gejala MERS-CoV adalah sbb:

  •   Demam
  •   Batuk
  •   Nafas pendek/ sesak nafas
  •   Pada beberapa kasus dalam waktu singkat dapat terjadi gangguan pernafasan berat yang berujung pada kematian.

PENCEGAHAN PENYAKIT BERBAHAYA DARI TIMUR TENGAH
1. Selalu cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, atau dengan disinfektan terutama setelah batuk, bersin, dan menggunakan toilet. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memegang atau menyiapkan makanan.
2. Sedapat mungkin hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan, karena dapat menularkan virus setelah menyentuh benda/ zat yang terkontaminasi virus.
3. Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, termasuk berciuman atau menggunakan alat makan/minum bersama.
4. Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk atau bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah, serta gunakan masker untuk pencegahan penyakit.
5. Jalani pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya dengan makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi daging yang telah dimasak dan buah atau sayuran yang telah dicuci, olah raga, istirahat yang cukup, hindari rokok, menjaga kebersihan lingkungan, menghindari tempat umum yang bersirkulasi buruk, dsb.
6. Bagi yang melakukan perjalanan ke negara Timur Tengah (jemaah haji/umrah), waspadai jika terjadi demam atau gejala gangguan saluran pernafasan bagian bawah, seperti batuk atau sesak nafas dalam kurun waktu 14 hari sesudah perjalanan, maka segera periksakan ke dokter. Dan selalu gunakan masker untuk mengantisipasi penularan virus terutama di pusat-pusat keramaian.
7. Bagi Jemaah haji/umrah disarankan untuk selalu menggunakan masker di tempat-tempa tumum (keramaian).

0 comments:

Post a Comment