Kenali Mata Merah Penyebab Kebutaan

Artikel kesehatan kali ini akan membahas tentang kesehatan mata. sering terjadi mata kita tiba-tiba menjadi merah, entah karena debu, atau hal yang lain, namun mata merah jangan disepelekan. Bisa jadi hanya iritasi tapi bisa pula hal tersebut merupakan gejala awal kebutaan.
Artikel Kesehatan Mata Merah
Waspadai Mata Merah
Cara deteksi sederhana, menutup salah satu mata. Jika penglihatan mata yang berwarna merah buram, kemungkinan besar bukan hanya iritasi, harus diperiksakan ke dokter.

Mata berwarna merah bisa jadi hanya iritasi yang pulih kembali dengan obat tetes mata biasa. Namun, jika penglihatan mata yang berwarna merah itu buram, kemungkinan ada hal lebih serius dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. 

Deteksi dini dengan menutup mata secara bergantian dapat pula dilakukan meski tidak terjadi iritasi pada mata. Jika ada penglihatan yang buram, perlu diperiksa lebih lanjut. “Jangan sampai terlambat. Jika terjadi kebutaan, akibatnya lebih berat, termasuk sulit mencari nafkah,” ujarnya.

Penyakit mata Ganggu masa depan anak 

Gangguan pada mata harus dideteksi sejak dini pada anak. Banyak anak yang mengalami gangguan mata saat belajar di sekolah sehingga mengganggu proses belajar dan menghambat kemampuan akademik anak.

Bisa jadi kemampuan intelektual anak yang mengalami gangguan mata sebenarnya cukup baik, tetapi orangtua atau guru tidak mengetahui gangguan pada mata. Akibatnya, anak dianggap bodoh, bahkan drop out dari sekolah. Jika sampai buta, tentu bisa mengganggu masa depan anak.

Statistik kebutaan 

Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia Nila F Moeloek dalam acara yang sama menuturkan, tahun 2010, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat 39 juta orang buta di dunia dan 246 juta orang mengalami gangguan penglihatan.

Setiap menit 12 orang menjadi buta di dunia dan empat orang di antaranya dari Asia Tenggara. Di Indonesia diperkirakan setiap menit ada satu orang menjadi buta.

Penyebab kebutaan di Indonesia adalah katarak (penyakit mata akibat lensa mata keruh), glaukoma (penyakit mata karena peningkatan tekanan di bola mata), kelainan refraksi, dan penyakit lain yang berhubungan dengan lanjut usia. Dari empat penyakit tersebut, katarak masih menjadi penyebab kebutaan terbanyak.

Untuk menghindari gangguan mata dan kebutaan, kita harus menjalankan pola hidup sehat. Contohnya, mengonsumsi buah yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata, mengatur pola makan, dan memakai topi atau kacamata untuk menghindari sinar matahari terkena langsung ke mata. 

Kita juga harus waspada dengan tidak menggunakan obat mata sembarangan. Jika memungkinkan, mintalah resep dokter agar tidak terjadi kesalahan penggunaan obat. Ingat bahwa mata merupakan aset penting kehidupan manusia, jagalah kesehatan mata kita.

3 comments:

Pixelindo said...

wah jangan sampai menjadi hal yg di anggap remeh nih, penting banget loh .. ;)

Printer Kasir said...

untuk mata jangan main2..
pokok e kl ata harus ke ahlinya

Unknown said...

wow berbahaya sekali mata merah dapat menyebabkan kebutaan, makasih artikelnya
Tips Kesehatan dan Kecantikan

Post a Comment